BEDA LOGO DAN SIMBOL
Oleh: Rita,SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)
Logo dan simbol merupakan bagian penting dari sebuah brand untuk menunjukkan identitas pembuat atau penjual dari suatu produk/jasa. Tetapi tahukah Anda apa perbedaan antara logo dan simbol? Pada dasarnya logo sangatlah berbeda dengan simbol. Kedua kata ini punya arti yang sering disalah artikan. Walaupun kedua kata ini mirip maknanya, tetapi memiliki perbedaan mendasar.
Logo adalah sebuah kata, sedangkan simbol adalah gambar. Tetapi sebenarnya tidak masalah, jika banyak orang menggunakan kata logo untuk mendeskripsikan sebuah simbol, karena memang opini yang terbentuk sudah tidak mempengaruhi perbedaan antara logo dan simbol.
Logo pada dasarnya diambil dari kata ?Logotype? yang secara harafiah berarti ?kata yang tercetak.? Logo yang benar-benar bisa disebut logo adalah sesuatu yang tercetak hanya berupa huruf bergaya yang mewakili sebuah brand. Jadi dapat kita pastikan bahwa kata Google merupakan sebuah logo. Contoh lain adalah: Logo Coca Cola, Levi?s, Samsung, Sony, Nike, dll.
Simbol adalah gambar atau sketsadengan arti tertentu, bentuk, atau benda yang mewakili suatu ide/gagasan, suatu benda, ataupun jumlah sesuatu yang mengandung maksud tertentu. Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata, namun bisa juga dijadikan sebagai salah satu infrastruktur bahasayang dikenal dengan bahasa simbol. Contoh: Simbol Apple, Garuda Indonesia, Honda Civic, Indosat, Nike, Starbuck, dll.
Beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan simbol yang bersifat abstrak sebagai lambang universal dibandingkan logo. Salah satu penyebabnya, karena logo perusahaan di negara yang menggunakan alphabet latin akan kesulitan untuk dibaca di negara yang tidak menggunakan alphabet latin. Sehingga logotype nya akan disesuaikan dengan negara yang menjadi target pasar mereka. Contoh Coca-Cola, yang merubah logotype nya dengan menyesuaikan alphabet yang digunakan di negara tertentu.
Jika diumpamakan, logo itu diibaratkan seperti nama di bawah tanda tangan dan simbol itu seperti tanda tangan/paraf yang berupa coretan. Apakah semua logo bisa dijadikan simbol? Belum tentu, misalnya logo Nike. Logo nya punya tulisan yang khas. Sementara simbol dari Nike adalah coretannya saja. Terus bagaimana dengan logo Sony? Logo ini tidak bisa dijadikan simbol. Lalu simbol Apple? Simbol ini adalah sekaligus logo. Jadi simbol itu seperti gambar yang unik dan bisa dijadikan pengganti logo yang lebih objektif. (Berbagai sumber)
Komentar
Posting Komentar